3 Alasan Anda Perlu Berolahraga Rutin

February 26, 2019

Aktivitas sehari-hari yang padat sering kali membuat sebagian orang mengabaikan olahraga. Padahal, berolahraga rutin merupakan salah cara untuk memiliki gaya hidup sehat.

U.S. Department of Health and Human Servicesmerekomendasikan setiap orang untuk berolahraga selama 150 menit setiap minggu. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah latihan dengan intensitas sedang, seperti berenang dan jalan cepat. Kalau Anda memilih olahraga berintensitas tinggi seperti berlari, Anda bisa melakukannya selama 75 menit per minggu.

Apa saja manfaat berolahraga rutin? Yang pertama, membantu membuat moodmenjadi lebih stabil. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sport & Exercise Psychology, berolahraga sekitar 15 menit setiap hari akan membantu meningkatkan perasaan positif seperti perasaan semangat dan bahagia.Hal ini terjadi karena saat berolahraga tubuh akan meningkatkan hormon serotonin dan dopamin, yang berperan dalam meningkatkan rasa bahagia.

Alasan kedua, berolahraga rutin dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. David Nieman, seorang profesor kesehatan masyarakat di Appalachian State University, mengatakan bahwa salah satu faktor penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik adalah berolahraga.Ketika sistem kekebalan tubuh terjaga, penyakit akan sulit untuk masuk ke dalam tubuh.

Yang terakhir, berolahraga rutin dapat membantu Anda dalam meminimalkan stres. Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epinefrin. Kedua hormon ini berpotensi meningkatkan tekanan darah saat tubuh menerima tekanan. Dengan berolahraga rutin, hormon kortisol dan epinefrin akan menurun. Tidak itu saja, energi negatif juga perlahan-lahan akan berkurang.

Itulah tiga alasan mengapa Anda perlu berolahraga rutin. Di Southgate Residence, apartemen berkonsep green living di TB Simatupang, ada banyak pilihan fasilitas