Olahraga yang Tepat Berdasarkan Tahapan Usia Anak

Olahraga yang Tepat Berdasarkan Tahapan Usia Anak

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak, apalagi jika dilakukan di Southgate Residence. Apartemen yang berlokasi di TB Simatupang ini memiliki 25 fasilitas lengkap yang dibangun di atas kawasan seluas 5,4 hektar, seperti jogging track, gym, yoga sanctuary, lapangan basket, tenis, kolam renang, dan lain-lain. Anda dapat mengajak anak anda berolahraga tanpa harus pergi jauh dan bermacet-macetan di jalan. Berikut adalah pilihan olahraga yang tepat berdasarkan usia anak.

1. Usia 6-9 tahun

Olahraga anak yang tepat pada rentang usia 6-9 tahun yaitu lari, bermain bola, senam, renang dan bela diri. Rentang perhatian anak di usia ini masih cenderung pendek. Anak membutuhkan petunjuk yang singkat, jelas, dan sedikit demi sedikit. Olahraga yang membutuhkan strategi khusus masih sulit dipahami oleh anak sehingga justru akan membuatnya bingung. Fokuslah pada teknik dan gerakan yang tepat. Teknik dan gerakan yang tepat ini sangat penting sebagai dasar sebelum anak mengasah aspek-aspek lainnya seperti kecepatan dan kekuatan.

2. Usia 10-12 tahun

Di kelompok usia ini, kemampuan motorik, kemampuan berpikir, serta kemampuan anak dalam mengambil keputusan sudah lebih baik. Anak juga sudah mampu mengikuti arahan dan mulai bisa berpikir mengenai strategi tertentu saat bermain. Olahraga anak yang tepat di rentang usia ini yaitu sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis dan baseball atau softball. Pada rentang usia 10-12 tahun, anda dapat mengobinasikan olahraga yang sebelumnya telah dilakukan pada usia 6-9 tahun. Karena jika terlalu fokus pada satu olahraga, akan membatasi keterampilan anak, menimbulkan kebosanan, bahkan menimbulkan stres.

Memasuki usia di atas 12 tahun, semua olahraga bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak. Dengan catatan, anak bisa menikmati dan mengembangkan keterampilannya dalam olahraga tersebut.