Tips Menghias Kamar Anak

Tips Menghias Kamar Anak

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga ingin memiliki kamar yang nyaman dan berfungsi sebagai tempat istirahat yang menyenangkan di akhir hari. Kali ini kami akan bagikan beberapa tips dan trik untuk mendekorasi kamar si kecil.

  1. Gunakan Decal Dinding (Wallpaper)

Decal yang mudah untuk dipasang dan dilepas bisa menjadi pilihan pertama untuk kamar anak anda. Pilihlah decal dengan gambar yang menarik, atau biarkan si kecil yang memilih sendiri decal yang dia mau. Saat si kecil mulai tumbuh atau mulai bosan dengan decal nya, decal mudah untuk dilepas dan diganti dengan yang baru.

  1. Area Untuk Belajar dan Bersantai

Saat si kecil mulai memasuki usia sekolah, akan membutuhkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas. Sediakan area yang bisa digunakan untuk fokus mengerjakan tugas. Meja dan kursi yang simpel dapat menjadi pilihan. Selain itu sediakan juga area untuk bersantai, karena tentunya anak anda butuh waktu untuk bersantai setelah mengerjakan tugas. Kursi yang nyaman atau beanbag bisa menjadi tempat si kecil bersantai setelah seharian belajar di sekolah.

  1. Maksimalkan Luas Ruang Kamar

Apabila kamar anak tidak terlalu besar, tips paling mudah adalah tempatkan kasur menempel pada dinding dan posisi kepala di sudut dinding kamar. Selain bisa memberikan kesan ruang lebih luas, dengan menempatkan kasur menempel pada dinding bisa mengurangi ruang terbuka pada sisi-sisi tempat tidur si kecil yang biasanya anak-anak sering merasa takut apabila banyak ruang terbuka di sisi-sisi tempat tidurnya.

  1. Gunakan Rak Terbuka

“Anak kecil” dan “Berantakan” adalah dua kata yang lekat berdekatan. Untuk memudahkan anda dan si kecil merapihkan kamarnya setelah bermain, rak terbuka dilengkapi dengan keranjang atau kontainer bisa menjadi pilihan untuk menempatkan mainan dan barang si kecil. Dengan menggunakan rak terbuka, si kecil juga dapat dengan mudah mengambil barang-barangnya. Selalu ajak anak anda untuk merapihkan barang-barangnya hingga menjadi kebiasaan.

Apabila anda memiliki anak yang masih berusia balita, tentu saja sedikit berbeda. Untuk kamar balita sebaiknya hindari menempatkan sumber listrik pada posisi yang rendah, tempatkanlah pada posisi yang lebih tinggi sehingga tidak mudah disentuh oleh balita anda saat ia sedang bermain atau merangkak. Biarkan balita anda bermain untuk melatih motorik dan kognitif nya, maka berikanlah mainan yang berbahan lembut dan empuk sehingga balita bisa belajar untuk menggenggam benda dan melatih jari-jari kecil nya. Bisa juga dengan memilih warna-warna cerah untuk cat tembok kamar balita, sehingga ia akan lebih cepat belajar melihat dan melatih kemampuan kognitif otak nya.

Pada akhirnya, ciptakan suasana yang riang saat menghias kamar anak anda. Biarkan anak anda mengemukakan pendapatnya, dengarkan kemauan si kecil sehingga mereka pun menikmati proses dalam menghias kamar mereka sendiri.

Selaian bermain di dalam kamar, sesekali ajaklah anak anda untuk menikmati waktu di luar ruangan. Dengan bermain di luar ruangan, anak anda akan belajar bersosialisasi dengan anak-anak lain, bermain bersama dan mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Apartemen Southgate merupakan hunian yang ramah terhadap anak-anak. Dilengkapi dengan fasilitas dan arena bermain untuk si kecil, seperti taman bermain dan kolam renang. Southgate Residence adalah pilihan tepat untuk keluarga yang mencari hunian apartemen Jakarta Selatan.