Manfaat Tanaman Dalam Ruangan Apartemen

Manfaat Tanaman di Dalam Ruangan

Tinggal di apartemen bukan berarti tidak bisa menikmati hijaunya tanaman di hunian kita. Tanaman mungil dalam pot bisa menjadi pilihan tepat untuk ditempatkan di dalam ruangan. Selain bermanfaat sebagai dekorasi yang indah, ternyata tanaman dalam ruangan juga bermanfaat untuk kesehatan kita.

Inilah beberapa manfaat menempatkan tanaman di dalam ruangan bagi kesehatan:

  1. Membantu Melancarkan Pernapasan

Seperti yang kita ketahui, dalam proses fotosintesis, tanaman menghisap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Tanaman dapat meningkatkan kadar oksigen yang berguna untuk tubuh kita. Saat proses fotosintesis berhenti di malam hari, tanaman berganti menghisap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Maka sebaiknya saat malam, pindahkan tanaman ke area luar, seperti area balkon. Selain itu pilihlah tanaman Anggrek atau Kaktus (succulent) untuk area kamar tidur anda, kedua tanaman tersebut memiliki proses fotosintesis yang terbalik dari tanaman lain, dimana saat malam mereka menghisap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen, sehingga dapat membantu tidur anda lebih lelap.

  1. Mengurangi dan Mencegah Penyakit

Tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan. Hal ini sangat berguna saat musim kering atau kemarau, terutama di negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Berdasarkan hasil studi Agricultural University of Norway, menempatkan tanaman di dalam ruangan dapat menambah kelembaban kulit, mengurangi resiko terkena demam, radang tenggorokan, batuk kering dan juga mengurangi tingkat bertahan hidup virus flu.

  1. Membersihkan Udara

Hasil riset NASA menyatakan bahwa tanaman memegang peranan penting dalam meningkatkan kadar kualitas udara dalam ruangan tertutup. NASA menemukan bahwa akar dan daun pada tanaman dapat menghilangkan zat racun dalam udara pada ruangan yang tertutup. Zat racun seperti karbon dioksida dan formaldehyde yang dapat mengakibatkan kanker pun bisa dihilangkan hanya dengan proses fotosintesis daun pada tanaman.

  1. Membantu Proses Penyembuhan Orang yang Sakit

Tradisi membawa bunga atau tanaman saat kita menjenguk orang yang sakit terdengar klise, padahal sebetulnya sangat bermanfaat. Berdasarkan hasil studi di Kansas State University, memandangi tanaman selama proses penyembuhan setelah operasi dapat meningkatkan respon psikologis pasien, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit, rasa cemas dan kelelahan.

  1. Membantu Kita Bekerja Lebih Baik

Beberapa hasil studi mengatakan bahwa berada di sekitar tanaman dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan produktivitas. Berdasarkan studi dari University of Michigan, berada dekat dengan tanaman dapat meningkatkan daya ingat hingga 20%. Sedangkan menurut Texas A&M University, bekerja dalam lingkungan yang banyak terdapat ornamen tanaman dapat meningkatkan kualitas hasil pekerjaan dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.

 

Itulah beberapa manfaat tanaman di dalam ruangan. Sangat cocok untuk anda yang ingin menerapkan konsep green living dalam hunian anda mengingat green living sudah semakin banyak diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, dengan sebisa mungkin menyeimbangkan antara sumber daya alam, habitat alami, dan keberagaman hayati di tempat kita tinggal dengan pola hidup kita sebagai manusia. Maka ada baiknya memilih hunian yang memperhatikan area green living seperti Apartemen Southgate. Hanya di Southgate Residence anda dapat merasakan suasana hijau dan segar dengan 60% area green living.