Fakta Berenang Southgate Residence

5 Fakta Berenang yang Harus Anda Ketahui

Jika kurang cocok dengan olahraga yang bisa membuat tubuh berkeringat, Anda bisa memilih berenang. Apalagi jika Anda tinggal di apartemen yang salah satu fasilitasnya adalah kolam renang, seperti Southgate Residence, berenang bisa Anda lakukan setiap saat. Mau tahu lebih banyak tentang olahraga ini? Yuk, baca terus artikel ini.

Cara Efektif Membentuk Otot

Rutin berenang dapat membantu terbentuknya pahatan-pahatan otot kering. Menurut Journal of Sport Science, hal ini didukung oleh gerakan dalam berenang yang mementingkan peregangan sehingga meningkatkan kelenturan tubuh. Belum lagi, gerakan pada beberapa gaya, seperti kupu-kupu atau katak, membuat tangan sangat aktif bergerak.

Mengaktifkan Otot yang Lama Tidak Bekerja

Renang adalah olahraga yang memaksa Anda menggerakkan berbagai otot bahkan otot yang jarang digerakkan. Tetapi, hal ini juga dipengaruhi oleh gaya apa yang kita gunakan. Misalnya, gaya bebas mengoptimalkan otot bisep dan trisep, sedangkan gaya kupu-kupu menggerakkan otot bahu, paha, dan perut.

Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika berenang, suhu tubuh Anda akan turun drastis karena pengaruh dari suhu air kolam. Berdasarkan penjelasan Journal of Swimming Research, suhu air dingin menstimulasi asupan energi setelah olahraga sehingga kita merasa lebih lapar. Untuk menghindari makan berlebihan, Anda bisa meminum jus atau mengonsumsi buah setelah berenang.

Menghilangkan Stress

Menurut American Swimming Association, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendinginkan kepala, dan menumbuhkan sikap dan persepsi positif. Segarnya air pun bisa membuat rasa lelah yang Anda rasakan langsung lenyap.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Renang dapat menjauhkan Anda dari beberapa penyakit seperti rematik, penyakit jantung, bahkan stroke. Berenang secara rutin juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga meningkatkan efisiensi suplai oksigen. Renang juga sering disebut sebagai olahraga yang cocok untuk penderita asma. Pasalnya, saat berenang, saluran pernapasan lebih aktif berkontraksi.